Cerita Bubu

Yeaaa Menulis Lagi

Yeaaa akhirnya jadi juga blog ini. Salah satu list yang ada di wish list 2022, pengen punya blog dan menulis rutin. Kalau dirunut, dulu suka menulis diary dan aktif mengikuti lomba menulis, saat itu zaman sekolah, berhenti ketika masuk kuliah. Pemikirannya mulai berubah ketika masuk kuliah, mulai aktif menulis artikel dan di tahun ke tiga kuliah belajar menulis buku. Sejak itu dibeberapa kesempatan ikut proyek penulisan buku, yang kalau ditanya judul apa saja, jujur nggak hapal, dan nggak pernah tanya juga diterbitkan penerbit mananya. Saat itu, merasa seneng aja udah bisa nulis dan dapat bayaran hehehe. Lalu, media internet mulai berkembang dan mulai ramai website, ditawarin menulis artikel untuk media online, beberapa tahun aktif menulis artikel.

Seiring dengan berkembangnya media sosial dan media online, banyak komunitas menulis dan bermunculan penulis-penulis. Berbagai sudut pandang tentang menulis mulai bermunculan, beragam kelas online mulai rame. Sempat satu tahun kegiatan diisi dengan mengikuti kelas menulis online berbayar, mulai dari belajar menulis artikel, edit naskah, menulis blog, menulis biografi, menulis antologi, menulis status, soft selling, dan lupa apalagi yang pernah diikuti hehehe. Saat itu hanya ikut training, lalu mempraktikkannya sesuai arahan. Di luar itu, nggak menulis hahaha, padahal yang penting adalah konsistennya itu yaaa.

Seorang teman, sempat ada yang berkomentar seputar kegiatanku waktu itu. “Bu, kamu tuh sudah jadi penulis, teori mah sama aja kali Bu”. Iya sih, waktu itu pikirku supaya bisa upgrade ilmu, menambah semangat, dan menambah link pertemanan. Tapi, ternyata, semangatnya hanya pas masa training saja, habis itu kalau nggak ada permintaan menulis, males buat nulis. Bahkan, lambat laun untuk menulis status di media sosial pun mulai berkurang, bahkan nyaris nggak pernah lagi aktif dimedia sosial, yang sebelumnya sempat aktif dilakukan.

Eh, tapi ya teman-teman. Menurut aku sih perlu loh upgrade ilmu itu. Walaupun nih ya, tahu kalau yang dipelajari itu sudah diketahui sebelumnya. Teorinya mungkin sama, tapi ketika orang yang menyampaikannya berbeda, akan berbeda juga sampainya ke kita. Setiap orang punya caranya sendiri kan ya. Nah, bisa jadi teori yang sebelumnya kita ikuti nggak kita pahami, bisa paham ketika disampaikan orang yang berbeda.

Awal tahun 2017, ada peluang penulisan buku. Ikut proyek lagi penulisan buku, rasanya senang, setelah bisa merampungkan 2 naskah. Di bulan Juni, dapat tawaran jadi editor. Wah, kayaknya nggak deh jadi editor, aku lebih senang jadi penulis, bebas bisa nulis, nggak harus mikirin katanya sesuai kbbi atau nggak, biar tugas editor aja itu mah, pikirku. Setelah diyakinkan seseorang dan juga suami, supaya mau coba dulu. Akhirnya, di bulan Agustus memutuskan oke, dicoba jadi editor naskah buku. Alhamdulillah, diajari editor seniorku tersayang, seseorang yang sabar ngajarin aku, dari yang awalnya naskah kalau diedit lagi sama dia “bala” koreksinya. Seiring dengan waktu mulai paham, dan enjoy mengerjakannya. Sampai saat ini.

Nah, setahun belakangan, kok jadi kangen pengen nulis. Tapi nggak dulu kalau harus menulis naskah buku, karena pasti perlu waktu yang banyak. Belum kepikiran bagaimana mengatur waktunya kalau dikerjakan sambil mengedit naskah. Aku kayaknya perlu media yang kalau ingin menulis, bisa di share di sana, siapa tahu ada manfaat yang bisa diambil sama teman-teman yang berkenan baca tulisan aku. Blog…, yes pengen punya blog. Akhirnya, dihadiahi blog ini sama suami tercinta. Terima kasih suamiku, sudah mensupport istrinya.

Semoga dengan menulis bisa menjadi terapi menambah kebahagiaan dan memberi vibe positif. Bukan hanya buat yang menulisnya saja, tetapi juga semoga menular bagi yang bacanya. Walaupun, mungkin hidup tidak selalu indah, tidak selalu bahagia, tidak selalu seperti yang diekspektasikan. Tapi, hidup akan selalu seru dan menarik, selama punya keinginan untuk berbagi, tidak harus selalu berupa materi, ya bisa berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berbagi semangat. Ada banyak cara untuk melakukan hal itu dan menulis adalah salah satunya. Yeaaa mari menulis selain menulis daftar belanjaan. 😊