Tips

Olahraga yang Cocok untuk Ibu-Ibu

Salah satu yang berubah setelah menjadi ibu-ibu tuh, keinginan buat berolahraga agak mengendor. Kalau nggak ada teman yang ngajakin, atau kalau lagi nggak punya goals buat nurunin berat badan misalnya, agak susah ngajakin badan buat mau berolahraga. Iya nggak sih, Bun? Atau aku aja gitu, ada yang samaan nggak sih?

Alasan Sulit Olahraga

Ada banyak alasan kenapa olahraga terasa berat buat memulainya. Diantaranya nih ya mungkin karena alasan berikut ini:

1. Nggak ada teman, benar nggak sih olahraga itu salah satu kegiatan yang akan lebih semangat dan seru kalau dilakukanya bareng teman, walaupun cuma berdua atau bertiga, asalkan ada teman, udah bisa bikin semangat berlipat untuk berolahraga.

2. Olahraga yang ada musiknya apalagi musik yang ngebeat. Cek deh kenapa ada banyak ibu- ibu lebih senang ikut olahraga aerobic atau zumba dan sejenis lainnya, yang ada musiknya aja. Karena ternyata itu bisa bikin lebih bersemangat di banding kalau harus jalan kaki atau lari di pagi atau sore hari atau melakukan work out sederhana di rumah.

3. Karena sibuk, merasa nggak ada waktu buat olahraga. Alasan yang mungkin hampir banyak orang setuju. Rutinitas yang padat dari pagi sampai sore atau bahkan malam kadang udah menguras tenaga dan merasa nggak ada sisa tenaga untuk berolahraga.

4. Karena malas, susah ngejelasinnya nih kalau menyangkut kata malas ini. Karena yang bisa mengubahnya hanya diri kita sendiri, sebab bukan alasan kalau ini. Tapi, lebih ke biasanya yang malas ini, punya kemauan untuk melakukannya, hanya saja ada penolakan dari diri sendiri, jadi jatuhnya malas. Mungkin perlu ada support dari luar, ya itu balik ke alasan di atas, mungkin perlu ada teman, untuk bisa memulainya.

5. Merasa olahraga itu mahal. Padahal ada banyak olahraga yang bisa dilakukan tanpa harus datang ke tempat olahraga, atau harus bayar mahal-mahal agar bisa joint di komunitas olahraga tertentu.

6. Merasa badan sudah sehat, berat badan ideal. Jadi, merasa baik-baik saja tanpa olahraga pun. Memang benar sih buat jadi sehat olahraga saja nggak cukup. Kita perlu yang lainnya dong, asupan makanan yang sehat, pola hidup yang sehat, pikiran yang sehat, dan lingkungan yang juga sehat. Olahraga itu hanya salah satunya saja, faktor pendukung agar badan bisa tetap sahat. Untuk menjaga badan agar tetap sehat dan bugar dan agar tetap bisa berpikir sehat alias nggak setres, salah satunya ya dengan melakukan olahraga.

Manfaat Olahraga

Ibu rumah tangga perlu olahraga? Iya jelas, perlu! Siapa pun perlu olah raga, memangnya hanya orang tertentu saja? Nggak kan, semua orang yang mau menjaga tubuhnya tetap sehat dan bugar ya olah raga.

Justru sebagai ibu rumah tangga kita perlu menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar, melakukan pekerjaan rumah tangga itu nggak mudah kan ya, Bun. “kan dengan bergerak beres-beres pun sudah sama dengan olah raga”. Beda ya bun, ketika melakukan gerakan bersih-bersih, mencuci, mengepel, menyetrika dan pekerjaan rumah tangga lainnya, dengan gerakan ketika kita olah raga.

Sudah jelas manfaatnya bagi tubuh. Olah raga dapat membantu tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Saat berolah raga tubuh melakukan gerakan, pemanasan, peregangan, dan bergerak, lalu mengeluarkan keringat. Kalau dibedah satu persatu itu tuh ada banyak manfaatnya buat tubuh kita, kalau bisa dilakukan secara konsisten. Selain itu, apalagi jika di lakukannya di luar rumah, bisa membuat badan lebih fresh.

Tips Supaya Semangat Berolahraga

Aku tuh masuk tim yang malas untuk berolah raga. Perlu effort dan mood yang cukup banyak untuk mau memulai olah raga. Jujur sih, bisa dihitung dengan jari waktu untuk berolah raga, paling ketika hari minggu, itu pun kalau tidak ada kegiatan ke luar rumah. Baru deh jalan kaki atau jogging. Di luar itu beberapa waktu lalu rajin datang ke sanggar senam untuk ikut yoga. Tapi lama-kelamaan karena jadwalnya selalu bentrok dengan pekerjaan jadi semakin jarang dan akhirnya tidak sama sekali.

Tepatnya sih tidak berusaha mencari ke tempat lain, mungkin saja ada jadwal yang sesuai atau cocok dengan jam yang diinginkan. Problema ibu-ibu banget deh, kalau ikut di jam pagi, bentrok sama nyiapin keperluan anak ke sekolah dan yang kerja, kalau siang lagi jam kerja, sore kadang kerjaan belum beres, malam kadang udah kerja malas buat ke luar rumah. Tapi sadar sih, kalau olah raga itu perlu, untuk menjaga keseimbangan tubuh biar tetap sehat dan bugar.

Akhirnya mencoba beberapa tips berikut agar semangat berolahraga. Siapa tahu nih, Bunda juga bisa mencobanya.

  • Cari olahraga yang paling mudah dilakukan, kalau belum bisa ke luar rumah ya yang bisa dilakukan sendiri dan olahraganya cari yang mudah dan ringan. Misalnya, di pagi hari sebelum melakukan rutinitas ibu rumah tangga, melakukan peregangan otot tangan, kaki dan pinggang, lalu sedikit pemanasan gerangan maju mundur atau memutar badan. Kalau bingung gerakannya harus gimana, coba cari di youtube, Gerakan peregangan atau pemanasan.
  • Mencoba jalan kaki atau jogging di pagi atau sore hari waktunya fleksibel, disesuaikan dengan kapan bisanya. Dengan jalan ke luar rumah, nanti bisa bertemu tetangga, bisa melihat pemandangan selain dalam rumah, menghirup oksigen yang segar kalau pagi hari. Tidak perlu lama-lama 30 menit juga cukup. Biasanya sih meningkat, lama-lama akan semakin jauh jalan kakinya atau semakin lama alias ketagihan.
  • Ajak teman yang juga pernah cerita punya rencana mau berolah raga tapi belum saja, misalnya. Atau ya sengaja saja ajak teman untuk mau olah raga bersama. Biasanya ada teman akan lebih semangat kan.
  • Pilih olah raga yang menurut kita asyik untuk memulainya. Seperti yang sedang aku lakukan, aku sedang suka jalan kaki atau jogging ringan keliling komplek.
  • Kalau malas ke luar rumah, dan mau mencoba aerobik misalnya, bisa kok di rumah juga sendiri, tinggal buka youtube, ada banyak pilihannya. Kita bisa mengikutinya.
  • Tips terakhir, bismillah. Niatkan kita mau sehat, salah satu usahanya dengan olah raga.

Olahraga yang Cocok untuk Ibu-Ibu

Kalau masih bingung olah raga apa yang mau dicoba di rumah, mungkin beberapa pilihan olah raga berikut bisa di coba yah, Bun. Buat bunda yang masih punya si kecil, bisa juga tuh sambil ngajak bermain buah hatinya, seperti main badminton, basket, atau sepak bola.

Bunda, yang anaknya sudah sekolah di level yang lebih tinggi, bukan balita lagi anaknya. Mungkin bisa mencoba dengan olah raga workout, yoga, jogging, atau bersepeda. Selamat mencoba, selamat berolah raga, sehat selalu buat kita semua yah, Bun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *